Friday, January 20, 2006

Chaos dan Chaos

Mengikuti saran teman, akhirnya tiba juga saatnya untuk menuliskan apa yang ada dibenak saat ini. Puah!

Chaos Theory


Image hosting by PhotobucketEntahlah, saya tidak begitu nyambung dengan paradigma atau wacana tertulis kecuali dari buku-buku filsafat sains, kajian esensi agama, cultural studies. Banyak sumber yang mengatakan bahwa ini merupakan lanjutan skenario kajian filosofis dari lintas sejarah pemahaman spiritual dunia timur, yang pada akhirnya ditransformasikan dalam wahana tekstual oleh kaum pengkaji filsafat. Setelah puyeng dan berbusa untuk memahami gerak lintas sebuah teori tentang gerak maya ini, maka saya berkesimpulan bahwa Chaos Theory merupakan;

1. Sebuah nature tersendiri.
2. Terinspirasi dari analisa gerak dan perkiraan sebuah massa di jagat raya secara fisikawi ( istilah macam apa pula ini) dan matematis.
3. Keteraturan yang muncul dari ketidakteraturan itu sendiri.
4. Sebuah wujud nisbi yang relatif rapuh dalam batasannya. Antara chaotic maupun tidak.
5. Definisi sebuah bentuk dalam gerak yang mengalami ketidak teraturan luar biasa.
6. Saya sendiri bingung.

cek bagian ini: Chaos

Splinter Cell: Chaos Theory.

Salah satu game tersukses dalam 3 tahun belakangan ini. Selain didukung cerita yang menarik,game ini merupakan transformasi dari serial Splinter Cell yang ditulis oleh Tom Clancy, penulis novel bertemakan perang dan spionase terkenal. Game ini merupakan kisah tentang misi mendebarkan dari seorang Agen rahasia NSA, bernama Sam Fisher yang sangat lihai dan jitu dalam membunuh, dalam upayanya menyelamatkan ... dirinya sendiri, bukan NSA dan pula Amerika. he he he

Image hosting by PhotobucketSerial terakhir dari game ini adalah yang bertitel : Chaos Theory. Mengambil setting di Jepang, Cina dan Korea Selatan, game merupakan mata rantai dari kelanjutan konspirasi internasional untuk menggulingkan pemerintahan di negara-negara berkembang dan yang sedang dalam pengembangan senjata hulu ledak nuklir. Seri sebelumnya, Pandora Tomorrow, mengambil setting di Jakarta, East Timor serta gorong-gorong bawah tanah di Paris, Perancis.

Bagi penggemar game third person view, ini merupakan salah satu acuan wajib untuk mengukur kadar kemampuan grafik adapter komputernya. Kalo memori dan prosesor kuat, kemudian bajakannya bagus,rasanya sayang melewatkan game ini begitu saja.

Chaos Metal

Metal. Musik metal merupakan artefak terpenting untuk catatan revolusi pembangkangan nilai normatif dalam bermusik sepanjang 30 tahun terakhir ini. Cari saja sumbernya di wikipedia. Chaos metal, rasanya tidak pantas dialamatkan dalam hal ini. Metal memang telah menunjukkan reaksi pembangkangan semenjak dahulu kala. Dalam sejarahnya, metal melahirkan sebuah gaya hidup, Punk. Mungkin bagi saya, Punk lebih tepat mengalamatkan dirinya kedalam keterpurukan musikalitas, hidup dan anarkis sebenar benarnya.

Bagaimana bergaya partisan Metal itu? Gondrong, mengenakan jaket kulit, jeans ketat hitam-hitam, tangan di penuhi asesoris gelang kulit dan tatto. Mengenakan kaos hitam bertuliskan dari King Diamond, Necromancer, Morbid Angel, Bathory sampai generasi metal jaman sekarang; Probot, Chimaira, Avenged Sevenfold dan Mastodon.

Image hosting by PhotobucketMetal adalah genre yang mengafiliasi kepedulian terhadap yang tertindas, nihilis dan kritis. Anarkis merupakan sampingan. Bagaimanapun juga selalu ada avant gardis yang mengilhami perkembangan musikalitas setiap masanya. Dengan dibarengi Sex dan Drugs, sampai akhirnya mengelaborasi dengan ritual satanic dan tema-tema great war di negeri antah berantah dan kemudian kembali dalam performa kritis tentang ketimpangan sosial. Sejujurnya Metal memang dilahirkan untuk selalu berontak dan tak akan pernah patuh terhadap generasi yang lebih tua darinya.

No komen buat yang namanya Hip metal atau Nu metal.

9 comments:

cardinale said...

http://www.eclectasy.com/Fractal-Explorer/

ada freeware bagus. namanya fractal explorer. buat bikin image2 fractal. lebih kompleks daripada pake adobe after effect. lebih ringan di PC murahan. bikin gambar hasil generate dari rumus matematis. bisa jadi motion graphic juga. asik lohh. saking kerennya ampe gue bikinin video-art buat Tugas Akhir.

cardinale said...

gue keinget satu cerita :

seorang dosen fisika ingin memberikan kuliah yang menarik bagi muridnya. beliau membawa seperangkat alat lontar (catapult/ketapel) dan bola tenis. murid2nya diberi tugas menghitung jarak tempuh bola tenis tersebut setelah dilontarkan dengan menggunakan hukum gravitasi newton dengan variabel-variabel yang sudah ditentukan. para murid pun memberikan jawaban2nya dengan tepat (secara teoritis).

kemudian dosen itu pun mempraktekkan teori tersebut dengan alat2 yang dibawanya. dengan sudut&kekuatan lontar seakurat mungkin, bola tenis itu pun dilempar. tapi ternyata hasilnya meleset dari jawaban2 muridnya. terkadang terlalu jauh. terlalu dekat. terlalu ke kanan. terlalu ke kiri. bahkan hasil setiap lontaran pun tidak sama dengan lontaran sebelumnya.

bagaimana mungkin bisa salah? apakah rumus newton yang kita percayai selama ini salah besar? ini lah saatnya CHAOS THEORY bertindak.

ternyata murid-muridnya atau bahkan newton sendiri pun "melupakan" variabel/faktor lain dalam rumusnya. mereka tidak menghitung kecepatan angin dalam ruangan. massa debu yang menyelubungi bola tenis tersebut sehingga melenceng dari jalurnya. dan variabel2 lainnya. sehingga jawabannya pasti "salah".

tapi apa mungkin kita bisa mendapatkan jawaban yang benar. belum mungkin. dan mungkin akan sangat lama sekali. bisa jadi rumus newton itu sangat tepat, tetapi bukan dalam dunia nyata. rumus newton bisa berhasil dalam dunia yang terisolasi.

makanya gw menganggap chaos theory ini sangat2 manusiawi. nothing is predictable. terlalu banyak faktor yang berperan. bahkan kita sering berpikir kalo aja kita bisa memutar balikkan waktu, kita dapat memperbaiki kesalahan di masa lalu. belum tentu. karena bisa saja ada faktor lain yang "mengganggu". lihat film BUTTERFLY EFFECT (walaupun dikemas secara hollywood).

manusia cuma bisa memprediksi. kita nggak akan pernah bisa mendapatkan jawaban yang eksak. itu lah yang bikin setiap individu menjadi unik dan hidup kita jadi menarik. hehehehehe. mungkin.

P.S. tulisan ini jadi "comment" terpanjang di blog lu ga?

wahyudi pratama said...

Yo'ii dengan kata lain eksakta telah gagal memperhitungkan kemungkinan lain ?? iya toh ?? si X ini yang berperan untuk menjadi biang kerok kekacauan dalam suatu keteraturan.

---------------------

komentar paling panjang dan ngabisin waktu aja ! hahahaha

mp3 yang baru mana????

/ n i k k / said...

kenalkan,
saya nikk,
pemerhati dunia gaib.

saya mau nanya:
mungkin gak sih teori chaos mendeskripsikan fluktuasi emosi dan pemikiran seniman?

ttd.
nikk.
the-constant-flux.

wahyudi pratama said...

halahhhh nanya sok susah ..ini lagi ...emang gue dukun apa??? tanya sana sama ki joko bodo

wakakakakaka

nona cyan said...

kalo chaos oblong yud?

cardinale said...

Yud, kayaknya file sharing kaya Torrent File lebih asik ya buat donlod2. Gw akhirnya udh dapet jg tuh album barunya Mindless Self Indulgence.... Tatitut tut tut tut tit tit tat tut.

wahyudi pratama said...

bukan itu aja ber, chaos singlett juga okeee

wahyudi pratama said...

oalaaa torrent file, tapi download peer to peer itu ngabisin bandwith loh ..sangat tidak disarankan sebenarnya, kecuali bandwithnya gede ..

gue juga berenti donlod video lagi nih dari urbanchaos