Friday, March 24, 2006

Barbarella ? Who?

Image hosting by Photobucket

Who Give up the pill ? Who take sex to outer space? Whos' the girl of 21st century? Who nearly dies of pleasures? Who seduces an angel? Who conveys love by hand? and ....Who strips in Space?

Tagline yang tertera dalam poster Barbarella, salah satu film terburuk era 60's yang beberapa kritisi ogah untuk mengakui sebagai salah satu wujud eksistensi terbaik film Cult. Bukan terbaik, tetapi terpopuler.

Apakah trend di waktu itu dan sekarang, menjadi anggapan sebagai epitome dari pop Art merasuk dalam konteks generasi eklektik saat ini. Jijay dan norak tapi keren untuk diungkap?, karena Bule, atau malah jadi identitas Local Freak untuk dicantumkan dalam wilayah indonesia, untuk mengacu pada majalah Aktuil*?

Persis judul berita POS KOTA.

Oke, saya tertarik dengan tagline tersebut yang merepresentasikan tema tentang kedalaman makna tubuh sebagai komoditas industri. Sexual oriented dalam konteks Glamour, Kitcsh (dangkal) dan murahan. Pertanyaan dan pernyataan retorik.

Sejalan dengan konsep murah dan hedon, saat itu, mungkin secara kritis kita melihat ada masa sebuah kebudayaan massal yang ternyata bangkit lagi saat ini sebagai acuan form dan visual. Murahan, norak dan bebas dalam mengartikan warna. Saya tak bisa berkomentar tentang porno sebelum melihat bagaimana definisi pornonya suatu bentuk bisa difahami. Begitu halnya media, apakah yang berita murahan, sensasional dan seksi, kemudian serta merta diterapkan sebagai orientasi yang dijual dengan mengusung konsep sama seperti yang diterapkan dalam Barbarella tersebut?

Barbarella, cuma sebuah kasus yang terkenal dan dibakukan dalam ujud komoditas film. Sementara media, dan trend telah merasuk dalam wacana pucuk gunung es. Nampak hanya sensasi belaka, namun didalamnya menyimpan macam-macam konsepsi dan kepentingan yang lekat dengan arus mass media. Dan kepentingan budaya masyarakat modern. Media yang mudah dan lekat dengan kepentingan 'pemudahan' pemikiran masyarakat.

Harus selalu gampang dan tidak perlu berpikir rupanya untuk membaca suatu judul berita. Perputaran pola berpikir masyarakat selalu ada rupanya, di setiap jamannya, dan memang membutuhkan pola segar dan menjual sebagai ujud kedekatan yang merendahkan pola pemahaman dengan lebih mudah dan simpel. Gampang dan laku!, apalagi rada 'ngeres'**.

Saya pikir media massa seakan sudah tanpa permisi lagi menyajikan konsep murahan tersebut. Terkadang kita dianggap seperti daging sapi import yang tak pernah habis walau dicacah sekalipun. Dua sisi yang harus dijalani, bukan diprotes habis-habisan.

Saya pikir permasalahan belakangan ini karena ribut-ribut teu puguh***, akibat salah tafsir, terburu-buru pula.
--------------------------------
* Salah satu majalah musik terkenal di era 70-an, di pimpin oleh Remmy Silado. Yang merangkum hampir semua kisah dan pergerakan musik di tanah air. Kalau membaca sekarang, niscaya kita bakal terperanjat dengan banyaknya fashionista di masa itu. Dari Sabang sampai Merauke, pake korespondensi surat pula ! - sahabat pena.
** Sayang saya belum dapat hasil scan Tabloid Lipstick dan Exotica, nanti deh saya carikan lagi.
*** Nggak jelas (bahasa sunda).

10 comments:

nona cyan said...

ada di teks lagunya siapa ya? "like some lady barbarella..."

wahyudi pratama said...

nggg...sapa yaa

Duran Duran kali ?

cardinale said...

haha.. gw tau bgt pasti elu mengkoleksi tabloid esek-wesek itu, tp nggak mau ngaku huahaha. Koq malu-malu sih, Yud? Gw sih ada banyak tp bukan punya gue lho.. koleksi kantor haha.

wahyudi pratama said...

Scannernya gak muat dodoollll..

Kantor loe seleranya parah juga ahahahaha

Make Money Online said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

Keep up the good work 1968 volkswagon karmann ghia convertible parts Westlake village liposuction Hot water heaters wattage 339 internet provider satellite service Side effect of propecia Digital video surveillance hardware Toyota natural gas Plastic surgeons queensland Ge smarthome surveillance Pamela anderson free free xxx nteractive training voice over ip Rsv asthma risk Vw golf car alarm Bread and rose strike Nissan 350 gt 2007 searchit com results for 10mg celexa black jack port Vacuum cleaner motor turbine

Anonymous said...

Regarding your blog about youth soccer. The best site for youth soccer is **http://www.freepremiership.com**. http://www.freepremiership.com is the top free osccer website in the world and features the latest Premiership club news, fixtures, scores, scorers, radio streams, tv streams and lots more football links.

Anonymous said...

Excellent, love it! »

Anonymous said...

Hi read your blog - seeing as you feature fernando manchester torres united I thought you might like to get the latest Manchester United football news. If you know any United fans then please pass this on. Cheers for now ;-)

Anonymous said...

How do you think credit crunch affected porn?


----------------
kelly divine