Friday, June 24, 2005

Alphonse Mucha (1860-1939)

Ah, saya selalu suka dengan karya-karyanya.

Image hosted by Photobucket.com

Alphonse Mucha, adalah satu seniman dan ilustrator yang mengkhususkan diri pada bentuk-bentuk dan gaya Art Nouveau. Seniman kelahiran Czech, yang besar dan berkarir di Paris ini memang terkenal akan gaya dan tema-tema Art Nouveau. Muscha sendiri memang salah satu pendiri gerakan yang berawal dari nama sebuah biro atau toko (salon de paris?) , yakni Maison de l'Art Nouveau, yang menggabungkan elemen seni, desain yang cenderung berbeda dan wujud yang cenderung avant-garde (wujud garda depan atau beyond) di masanya.

Image hosted by Photobucket.com

Kemampuannya dan kualitas goresan tangannya dalam drawing, melukis dan teknik cetak seperti halnya Litografi baik itu untuk kepentingan cover majalah, poster film, teater dan pameran bagi saya sangat mengagumkan. Detil, teliti, dekoratif, serta rajin dalam wujud ornamen, banyak melakukan repetisi serta penegas dalam outline yang tebal namun tetap fokus pada sosok figur (wanita) yang digambar olehnya.

Saya selalu membayangkan proses berkaryanya yang dimulai dari sketsa diatas kertas dan ratusan garis pensil baik itu salah atau benar yang akhirnya diulas oleh sapuan kuas dan detil yang hampir tanpa cacat. Suatu opsi sempurna dalam mengolah medium. Dengan proporsi figur yang selalu realis dan formal, figuratif dan menguasai proporsi ornamental. Apalagi karya-karyanya yang lain, besar-besar dan terletak diatas medium yang jauh dengan kertas, seperti tembok, kayu dan pelat cetak.

Image hosted by Photobucket.com

Akhir hidup Mucha sendiri berakhir sesaat setelah mengalami penangkapan dan penyiksaan oleh Gestapo (era perang dan invasi Jerman ke Czechoslovakia) pada tahun 1939.

klik disini untuk lebih lanjut: mucha dan yang ini

4 comments:

triesti said...

ah.. kesukaan gue akhirnya dijembreng. tahun lalu ada exhibition di kunsthal. dan sebelumnya gue sempet ke museum dia di prague.. ngga ada matinye..

yg bikin dia ngetop kan posternya gismonde yg bergambar sarah bernard itu. cewe2nya sexy.

nona cyan said...

Setuju! yg Sarah Bernhard seksi dan kerennya ampun2an. Kok nggak majang yg iklan JOBB yud? itu keren2 juga. Jadi inget pas k Victoria Museum di London, ada poster Mucha,kalah semua koleksi 1 museum sama sebiji poster itu doang.

wahyudi pratama said...

oh iyaa ada JPGnya padahaal kenapa yang gue pajang malah yang laen yah ? yang Gismonda sama JOB itu ..

triesti said...

ayo, kenapa Yud? kenapa????? Argh...