Kali ini saya membahas tentang seseorang bernama Camille Rose Garcia. Seorang seniman Los Angeles yang karyanya dikategorikan sebagai Pop Surealis. Dengan menampilkan figur-figur comic dan animasi dan tokoh populer televisi di Amerika sana periode 1950 an. Karyanya menampilkan sosok-sosok kartun, makhluk-makhluk ganjil dengan upaya mengekspos cerita gelap tentang kekerasan, korupsi dan ketamakan. Dengan idiom yang diangkat Camille, sebenarnya, dia bercerita tentang horror di dalam masyarakat urban (contemporary society) - popular cultur Amerika.
Dalam wawancara yang dicuplik dari situs ini , Camille banyak menampilkan kisah hidupnya, bagaimana kecintaanya akan band-band punk, seperti D.O.A, The Vandals, The Germs dan lain-lainya yang menimbulkan sensasi ketertarikan visual akan image pemberontakan, horror, dan keterpengaruhan akan Los Angeles art- scene semenjak dia melihat karya-karya Mark Ryden, sampai memutuskan berhenti dari band untuk total berkarya seni. Termasuk pandangan politik dia soal keberpihakan pada upaya untuk melakukan pemberontakan sosial lewat karya-karyanya, kompromi karya yang lebih kepada bagaimana seni mampu menunjukkan kaidahnya untuk memiliki tanggung jawab sosial, dan cara pandangnya terhadap scene seni secara global untuk saat ini.
Karyanya (baik lukisan, mainan dan craft) adalah kombinasi, personifikasi cerita, dan kolase dari tokoh-tokoh dari Walt Disney, punk bands seperti Dead Kennedys, ilustrasi tokoh dan teks dari cerita-cerita yang ditulis sci-fi writer Philip K. Dick, atau ilustrasi erotis karya-karya Aubrey Beardsley, mitologi dan fairy tales, visual daripada sebagian Japanese art, termasuk karya-karya ukiyo-e (traditional japanese woodblock prints) dan animasi karya Yoshitomo Nara dan Takashi Murakami.
Barangkali ada baiknya kita mengikuti saran di situs ini. Karya-karya Camille adalah bentuk dari visual gothic yang tragis secara komikal.
Dalam wawancaranya, Camille menyebutkan motivasinya : I always wanted to do art that people could relate to but also carry some social relevance. Dengan konsekuensi yang berpihak pada perlawanan (maklum aja besar di scene punk) , kritik tegas terhadap pemerintah Amerika, dan penolakan-penolakannya terhadap proyek komersial (yang di mata dia sudah keterlaluan), sepertinya ada relevansi sosial yang diharapkan dari Camille lewat karya-karyanya yang di mata saya cenderung muram dan tragis ini. Pesan yang nampak adalah keberpihakan pada dunia tragis. Apapun bentuknya, sebenarnya dia menceritakan dan merepresentasikan banyak hal soal relasi sosial dunia yang dingin, suram dengan warna-warna lukisannya yang tergambarkan; dark under-tones.
Lihat karya-karya Camille dibawah ini :

“Royal Disorder Subterranean Invasion” / 2006

Escape Velocity/2006

Emergency Transport/Giclee and hand applied gold mica on paper

“Antarctic Suburban Outpost” 2006. Acrylic and glitter on wood, 48 x 48 inches.

“O.N.S. Escape Vehicle ” 2005. Acrylic and glitter on wood, 48 x 48 inches.

“The Deconstructionist Army” 2004

“Arctic Cavern Hideaway” 2005
Karya yang muncul disini ditulis atas ijin yang bersangkutan, dari situs ini : http://www.camillerosegarcia.com/, gambar-gambar lukisanya diambil dari situs ini, tulisan ini juga dimuat disitus blog yang satu ini.
Situs Camille Rose Garcia | contact
2 comments:
good one! i just added up tons of different emo backgrounds for my blog
http://www.emo-backgrounds.info
blog anda membantu buat pencarian data TAKS saya...thanks....jika berkenan silahkan kunjungi blog saya di kuratori.blogspot.com, siapa tahu bisa berbagi pengetahuan....salam!
Post a Comment