Thursday, June 02, 2005

Jeff Koons

Jeff Koons, mungkin adalah sedikit dari seniman unik yang mengusung seni konseptual yang memandang materi sebagai objek bercerita. Seorang figur yang menarik perhatian, karena karyanya kerap mengundang kontroversi. Secara latar belakang, Koons, yang pernah bekerja sebagai broker di Wall Street, dan amat paham dalam berkomunikasi, tentunya memiliki pandangan tersendiri ketika karyanya belakangan mulai berbicara tentang realita yang kerap ditentang dalam masyarakat Amerika pada umumnya.

Image hosted by Photobucket.com
Easter Bunny

Karyanya kerap kali mengundang kontroversi dengan kritik tajam atas kesenjangan ekonomi, perbedaan kelas dan warna kulit, duplikasi produksi, yang tentunya dengan menggunakan simbolisasi objek keseharian. Mungkin secara bentuk, karya Koons tak lagi mengikuti arus Pop, ketika permasalahan tentang realita dan objek benda kemasyarakatan amat mendominasi arus perbincangan tentang jarak seni dengan masyarakat. Mungkin juga wilayah Kontemporer, ketika karyanya mengundang perbincangan dengan meminjam dan meniru ikon ikon porselen yang terkenal dan bahkan juga istrinya (mantan?), Cicciolina Ilona Staller, sang bintang film porno dari Italia tahun 90-an. Karyanya diletakkan di ruang ruang publik dan sempat menjadi ikon sebuah tempat, dikoleksi oleh korporat korporat yang dikritiknya seperti, Spalding, Nike dan lainnya, hal ini memang mengindikasikan kemampuan komunikasi Koons dalam level profesional. Apapun, tapi secara konsep, karya karyanya adalah refleksi dari problem masyarakat barat pada umumnya, yang salah satunya adalah konsumerisme, arus global, permasalahan warna kulit dan kelas dan lain lain tentunya.

Toh, pada wujud akhir dari karya karyanya sendiri, Koons memang cenderung simbolik dan satire. Baginya, cecitraan seperti iklan, konsumerisme, problematika seksual dan kesenjangan ekonomi telah melahirkan perbincangan menarik tentang potret masyarakat dunia pada umumnya. Yang bermuara pada karya karyanya, dan jejak yang diikuti oleh para seniman di belahan dunia lainnya.

klik disini untuk melihat karya karyanya : +++

1 comment:

suntik putih said...

info menarik