Monday, May 23, 2005

Hitam Putih

Image hosted by Photobucket.com

Saya bukan Soekarnois, juga bukan fans beratnya, seperti yang almarhum kakek saya lakukan, terhadap sosok seorang tiran yang satu ini. Tetap, inilah salah seorang pemimpin legendaris dunia yang telah menyimpan kenangan bagi rakyatnya. Akan bagaimana prestise dan wibawa seorang Soekarno pernah menyita mata dunia.

Image hosted by Photobucket.com

Foto foto tentang kunjungan Soekarno ke New Delhi di tahun 50-an ini, didapat dari email yang masuk pada hari ini. Dan kebetulan, foto foto ini memiliki resolusi yang cukup bagus. Jujur saja, bagi saya, foto foto ini bagus, dan sangat mendukung pencitraan dan representasi tentang seorang Soekarno. Foto klasik hitam putih yang bagus ini telah menyiratkan sejuta citra, wibawa dan tentunya kenangan sejarah. Terlepas dari sejumlah kontroversi dan kelebihan di dalam dirinya yakni laksana sang pembual (bagi kalangan Pemimpin Barat), seorang pelukis dan pecinta seni (mirip seperti Hitler, mantan pelukis gagal), kharismatik, menguasai pedagogy, keras kepala, orator ulung, sang penakluk wanita yang tak risih menceraikan istri istrinya untuk menikah lagi, flamboyan dan tentunya juga cerdas.

Image hosted by Photobucket.com

Image hosted by Photobucket.com

Menarik. Secara tak langsung isi visual foto foto ini, yang telah di'kultuskan' secara fisik dan klasik, makin mendukung pemahaman tentang bagaimana hidup, aktifitas dan sisi lain seorang tokoh, yang adalah Putra Sang Fajar ini. Yang di akhir hayatnya menjadi ironi, sosok yang dicintai dan dibenci sekaligus.

4 comments:

nina said...

pernah ke museum bung karno di blitar ga?

foto2nya asik2, ada beberapa koleksi buku2nya & koleksi lukisannya juga

wahyudi pratama said...

belum, boleh juga ah maen kesana ya

nona cyan said...

ajegile, dari fotonya aja udah keliatan kharisma Pak Karno.

dodY said...

itu foto dapet di mana! sumpaah.. keren banget!