Friday, May 27, 2005

Tradisi - Kuno - Ketinggalan Jaman

Tradisi

Saya teringat iklan sebuah produk biskuit yang dulu pernah terkenal dengan kalimat; "Memang sudah tradisi ...".

Memang sudah tradisi. Dari kalimat yang sudah disebutkan di atas, secara definitif, tradisi adalah suatu pakem. Tradisi, berarti sesuatu yang memang dilakukan berulang ulang sejak dahulu sampai sekarang. Setelah mengalami proses pemilahan dan perwujudan untuk menemukan suatu sistem, yang rupanya turun temurun.

Membayangkan kata 'Tradisi' mengacu pada wujud perilaku masyarakat jaman dahulu kala yang terkait dengan wilayah konservatif, kaku, namun masih terdapat dalam lingkungan masyarakat dan saat ini kepentingan tradisi lama tersebut sudah mulai ditinggalkan. Secara artian, tradisi memunculkan berbagai macam ranah kepentingan, mulai dari sisi praktis, pemikiran dan warisan turun temurun dari masa kuno sampai sekarang yang sudah mulai menghilang. Tradisi adalah sebuah segmentasi pemikiran akan warisan masa lampau yang terkait dengan kekunoan, ketinggalan jaman dan turun temurun menuju entah kemana, hilang ataupun tidak nantinya. Tradisi mungkin berubah dan mulai perlahan menghilang, menuju sesuatu yang baru dan akan menjadi tradisi selanjutnya sesuai dengan konteks jamannya.

Saya rasa, saya salah tulis judul. Ada baiknya judul tulisan di atas ini diganti dan diperluas untuk menunjuk satu konflik kepentingan, dengan judul seperti ini; 'Tradisi adalah sesuatu yang Kuno dan akan ketinggalan jaman'. Cenderung tendensius. Mengubah dan memperluas wilayah permasalahan kedalam sesuatu yang prinsipil sebenarnya.

Kuno

"Ibu saya memiliki 4-5 keris kuno dari nenek moyang ayah saya yang sudah almarhum ...". Sepenggal contoh kalimat di atas, tak pelak lagi mencitrakan kata 'kuno' sebagai penggalan warisan masa lalu yang memiliki nuansa artefak dan auratik. Sebagai sesuatu tidak bisa disamakan dengan produk masa sekarang. Contoh lain; Mobil Kuno, Motor Kuno, Buku buku Kuno, Gaya Kuno dan lain sebagainya.

Kuno, merupakan sesuatu yang lebih merepresentasikan masa lalu. Masa lalu yang memang merupakan bagian dari pembekuan waktu kedalam implantasi kenangan. Sesuatu yang tak akan pernah bisa diulang. Kecuali Mesin waktu berhasil diwujudkan, rasanya kuno menjadi sesuatu yang bisa di sekarangkan. Kuno, melegalkan pemikiran tentang sesuatu yang jauh dari klasik sebenarnya, lebih mengarah kepada wujud kebendaan yang bersifat artefak, jaman dahulu kala dan pernah menjadi modern dimasanya. Bukan masa kini. Secara prinsip, mungkin sama saja.

Sesuatu yang kuno malah bersifat klasik kadangkala. Kuno merepresentasikan wujud lain dari skenario memori yang dikoleksi (dalam wujud benda) dan mencuatkan perjalanan jejak waktu. Catatan dan makna filosofi muncul dan melintasi selaput fisik wujud benda yang bernilai, karena ke-kuno-annya. Ada baiknya konsep judul tulisan ini pada bagian kata Kuno menjadi bahasan lain yang lebih spesifik saja, nantinya.

Ketinggalan Jaman

"Ngirim surat penting pake pos?, ketinggalan jaman banget sih lu, kan ada e-mail!". Itu salah satu kalimat yang pernah saya dengar dari perbincangan dengan kawan kawan, suatu saat yang entah kapan. Rasanya kalimat yang satu ini lebih sebagai sesuatu yang bersifat ungkapan atau memang mengarah pada satu kondisi tertentu?. Jikapun ini dirujuk pada suatu status, predikat ini tidak membanggakan rasanya. Belum lagi, konsep kata 'Ketinggalan jaman', ini merasuk pada budaya mode yang sekarang banyak didaur ulang dan diperlakukan dengan inovasi fashion terbaru untuk menemukan gaya berbusana saat ini.

Ketinggalan jaman, sesuatu yang dirasa tidak relevan dengan keadaan di masa sekarang. Keadaan itu adalah sesuatu yang mengacu pada wujud trend sekarang. Fashion, teknologi dan pernak pernik individual. Ketinggalan jaman, malah mengacu pada kalimat 'Kuno', dan memang tidak sesuai dengan keadaan sekarang. Bedanya, persepsi tentang kata Kuno mengacu pada sesuatu yang kerap dikoleksi, klasik dan cenderung berkelas. Dan ketinggalan jaman, mengalami reduksi makna dalam pola identitas lapisan sosial, cenderung masih mengacu pada kata kebendaan. Atau sifat malah?.

Buat sesuatu yang mengacu pada percepatan dan kesekarangan, ketinggalan jaman merupakan sesuatu yang dianggap tidak berpengaruh apapun dan malah melemparkan kondisi fisikal sebagai sesuatu lebih bersifat kearah artefak. Pola dan perputaran trend, memang meninggalkan sejumlah masa yang di recycle untuk menciptakan sesuatu yang lebih baru (novelty), yang pada masanya saja. Sebelum habis digerus sang waktu, dan arus baru.

Masih jauh.

Ternyata, 'Tradisi Kuno yang Ketinggalan Jaman' seperti interpretasi judul yang saya tulis diatas, memiliki keterbatasan makna yang jelas jelas membuat hal ini luput dari kajian linguistik belaka. Kajian bahasa yang saya tulis atas hal ini, nantinya akan menjadi jauh lebih dangkal hanya berupa ikhtisar gula gula dari problematika tentang judul dan makna seutuhnya.

Ada pembatasan yang mengakibatkan saya tak mampu menuai seluk beluk kaidah dan artian makna kata kata diatas. Bagi permasalahan tentang hal ini; tradisi, kekunoan dan jaman, merupakan problematika sistem dalam dan dari masa lampau yang diulang dalam wujud ideologis dan pembentukan opini tentang 'sejarah'. Ketika konteks sosial meneropong tentang wilayah kekunoan itu sendiri, maka ada persepsi berbeda beda tentang 'anak anak sejarah ini' menyeruak dalam suatu istilah lokal habitus, yang lebih dekat dengan kondisi dan representasi sosial manusia saat ini. Bahkan secara contoh kasus, invensi dari tradisi sendiripun sudah masuk kedalam konteks teknologi saat ini. Dengan kata lain simbol simbol artefak dan religi saja sudah cukup banyak dan meleburkan diri kedalam optimasi teknologi hingga kini.

Mudah mudahan ini sudah cukup. Istilah 'tradisi', 'kekunoan' dan 'ketinggalan jaman' hingga kini akan menjelma lebih dari sekedar kata kata. Yang sebenarnya, kelak menjadi tempat atau wilayah peka untuk mencipta dan menghayati suatu realita juga fantasi akan sisi ideal identitas ideologis kemasyarakatan, yang merujuk pada sang waktu.

7 comments:

nina said...

kalo tiap kali lulus sekolah ada acara corat-coret baju seragam pake pilox, itu tradisi juga yud?

nona cyan said...

kuno VS kini

wahyudi pratama said...

kuno vs kini jadi kunokini, kinikuno, kunikonu, kinokuni, kinokuniya kok malah jadi toko buku ...

M.Y.Hani.Mardiman. said...

Anda pasti memiliki kebiasaan, bukan? itulah tradisi, yg perlu dikhawatirkan adalah tradisi "hedonis" atau jahiliyah dan tradisi2 yg bersifat buruk lainya,
Indonesia memiliki tradisi2 yg bernilai tinggi yg tidak dimiliki bangsa2 lain.

Anonymous said...

Hello all
phentermine medication

According to various experiments which have been conducted, Phentermine has proved more effective than many other weight lose course and diet.
[url=http://dreamsindia.com/]phentermine diet pills[/url]
This balances the energy of your body in a much better way.
http://dreamsindia.com/ - phentermine medication
Just have a look at the mechanism on which this drug works: Phentermine drug increases your body metabolic activity both anabolism and catabolism.

Anonymous said...

Hello
buy generic acomplia online
It is like an assurance that acomplia drug will surely work.
[url=http://eriecyam.org/]order acomplia online[/url]
Therefore just have a close look at the acomplia drug that you are buying.
http://eriecyam.org/ - acomplia online sales
This information include: what dose you need to take and at what time and many other things like that.

Anonymous said...

Drug Use Increaing
http://kottonmouthkweens.com/ - cheap accutane
Accutane is one exception that has been associated with decreasing acne exponentially.
[url=http://kottonmouthkweens.com/]accutane drug[/url]
Other trade names include Roaccutane, Clarus, Decutan, Oratane and Sotret.
buy isotretinoin
Probably the best part is that with accutane, the effects of medication are long term.