Friday, July 01, 2005

Ocean Sebelas

Saya mungkin tidak terlalu mendalami tentang pemahaman sebuah film yang dibikin ulang (remake) dan sampai sejauh mana kerja keras integrasi kesemua unsur dalam sebuah film dinilai.

Saya cuma sekedar menampilkan kedua buah poster berbeda usia yang masih berasal dari film yang sama, yakni 'Ocean 11'. Film daur ulang selalu menarik untuk disimak.

Image hosted by Photobucket.com
OCEAN ELEVEN (1960)

Untuk menyukai film ini, tapi bukan berarti saya harus mengerti referensi dan asal usul film pertama ini dibuat. Sama saja seperti yang lainnya, saya sekedar penikmat film biasa yang tak sedih untuk menikmati ketika awal dan akhir dari Star Wars III; Revenge Of The Sith terkuak, atau juga betapa mumetnya memahami film-film Kubrick atau Antonioni. Saya sekedar senang mengumpulkan sesuatu yang merupakan komplementer sebuah karya motion picture ini. Kembali pada masalah poster, untuk film pertama, Ocean Eleven (1960) yang dibintangi oleh bintang-bintang beken Hollywood di masa itu, Frank Sinatra , Sammy Davis Jr., Dean Martin dan lainnya, bagi saya justru ini merupakan sebuah nilai lebih dalam dari sebuah film lawas yang akhirnya menjadi referensi. Ketika dibuat ulang pun, rasanya memang tak perlu butuh perwujudan yang baru, kecuali gaya.

Image hosted by Photobucket.com
OCEAN ELEVEN (2001)

Sedang untuk poster film keduanya, Ocean 11 (2001), yang dibintangi oleh bintang masa kini, George Clooney, Brad Pitt dan Julia Roberts. Bagi saya, kerangka cerita dari film versi lamanya yang kuat telah mengurung ide dan konsep visual untuk penyajian visual poster film yang versi sekarangnya. Toh memang tujuannya itu, tapi selalu bagi saya ada (subjektif banget)kesempatan untuk mendaur ulang sebuah konsep dengan visual yang berbeda, seharusnya.

Namun jujur saja, ini film bagus, tapi entah kenapa saya malah enggan untuk memasukkan film sekuelnya ‘Ocean 12 (2004)’. Rada maksa kayaknya :P. Walau lumayan juga.

Klik di sini dan di sini deh.

No comments: