Tuesday, July 05, 2005

Alex Ross

Image hosted by Photobucket.com

Komikus, Illustrator Artist dan jagoan cat air yang satu ini memang lekat dengan karyanya tentang bagaimana menggambarkan sosok superman (dengan gagah dan dramatisir suasana) yang paling terkenal hingga saat ini. Kemudian untuk urusan ilustrasi dari sosok-sosok superhero dalam komik Marvel dan DC, rasanya nama yang satu ini sudah umum dikenal dan dikagumi oleh para maniak komik akan kualitas visual yang dihasilkannya. Ross, menginterprestasikan figur-figur superhero dalam komik yang di lukis olehnya mendadak jadi seperi orang biasa yang dikaruniai kekuatan maha dahsyat dan memang terbungkus dalam kostum superhero.

Image hosted by Photobucket.com

Ross, dalam melukis dan membuat sketsa tentang superhero yang akan digambarnya, selalu menggunakan model yang didandani seperti superhero yang akan dilukisnya. Pemilihan karakter yang bikin pusing, penumpukan karakter dalam satu gambar besar yang terdiri dari puluhan tokoh, dan yang ini lebih gila, sudut pandang yang diambil terkadang mencengangkan. Tak heran dengan proses yang njelimet seperti ini, karya karya Ross sangat bagus dan tidak begitu banyak, karya-karyanya biasanya jadi salah satu ilustrasi yang sentral untuk halaman tengah atau bagian bagian eksklusif yang dikarenakan produktifitasnya tidak segencar dan secepat dalam membuat komik.

Image hosted by Photobucket.com

Untuk urusan membuat visual yang manusiawi dari sosok-sosok superhero, Ross memang jagonya. Tapi kalau urusan cerita, Ross tidak termasuk dalam hitungan. Walau masih banyak komikus dan drawing artist yang memang intens dalam membuatnya dan dengan ciri khas masing-masing, tipikal dan ciri khas Ross yang skill dan efek-efek dramatis dengan cahaya sorot dari bawah atau samping membuat kita tidak mudah melupakan betapa 'berlebihan' sekali Ross dan karyanya.

Image hosted by Photobucket.com

Ross, membuat para superhero imajinasi tersebut 'hidup' dan terkesan 'Amerika' banget, rasanya tiada tempat untuk postur selain manusia atau superhero yang tegap, gagah, cantik, dan tampan hehehehe.

cek ini deh : ++++++