Tuesday, March 01, 2005

Some Kind Of Monster ( 2004 )



What can i say
?, Ini salah satu band legendaris dari tahun 80 an awal yang sudah mengumandangkan perkawinan musik rock ala ala Motorhead dengan New Wave of British Heavy Metal di daratan Amerika, saat musim Hard Rock dan Heavy Glam Rock mewabah. Terkenal dan telah menjual 90 juta keping album sampai saat ini(wow!).

Metallica . . . !!!, FUCK YEAH !!!. Dunia sudah di ajarkan mengenalnya, ketika sekelompok anak muda dengan rambut gondrong dan berteriak teriak meneriakkan tema tema sosial, kritis dan gahar, dan anti-Motley Crue terutama. Lewat kemunculan album album klasik seperti Kill 'Em All (1983), Ride The Lightning (1984), Master Of Puppets (1986, ..and Justice For All (1988), Black Album (1991) sampai disusul album LOAD (1996) dan RELOAD (1997). Dan masih disusul oleh beberapa album kompilasi dan live yang di kemas apik untuk membuktikan eksistensi mereka, seperti S&M(1999), Garage Inc.(1998)-(salah satu favorit saya karena berisikan cover version dari band punk lawas, seperti The Misfits, dan band rock gaek, Motorhead, Queen, Black Sabbath dan lainnya )-.


Lars Ulrich gak pernah tattoan ...

Sebuah film yang bisa di sebut sebagai Rockumentary, Dokumenter sebuah band musik rock, dari proses hubungan antar personil selama dua puluh tahun lebih dalam sebuah band legendaris. Metallica.

Dengan durasi selama 2 jam dan proses pengambilan gambar selama 2 tahun lebih, film ini juga menggambarkan proses rekaman awal dan bagaimana upaya menelurkan album terbaru mereka, St. Anger (2003). Yang dilewati oleh berbagai konflik seperti keluarnya Jason Newsted dan proses rehabilitasi dari James Hetfield akan kecanduan alkoholnya. Dan adegan menarik, ketika Lars Ulrich yang ternyata pecinta artwork, salah satunya adalah, ketika dia menjual sebuah lukisan karya Basquiat, salah satu koleksinya(!).

Ada beberapa bagian atau adegan menarik seperti ketika proses audisi pemain bass untuk menggantikan posisi dari pemain bass sebelumnya, Jason Newsted. Beberapa nama seperti Twiggy Ramirez (Marilyn Manson), Danny Lohner (NIN) dan Pepper Keenan (COC, Down) di undang untuk mengikuti audisi pemain bass, sebelum pilihan jatuh pada mantan bassis Suicidal Tendencies, Ozzy Osbourne , Infectious Groove, yakni Rob Trujillo.


Oom James, tattoan juga akhirnya..

Secara keseluruhan film dokumenter ini lumayan menarik. Dokumentasi yang dimulai ketika mereka menyewa sebuah Barrack di San Fransisco sampai berhasil mengumandangkan ' Frantic', single pertama mereka dari album St.Anger. Sebuah proses yang luar biasa saya kira. Untuk sekitar 24 tahun berkarir dari pub pub kecil di San Fransisco, di tengah arus determinasi glam rock dan Heavy Metal murahan, era 80 an, mereka terus bertahan. Disaat sebayanya yang mulai meredup perlahan lahan seperti Anthrax,C.O.C,Exodus, Floatsam & Jetsam sampai pada Kreator dan Megadeth (di awaki oleh Dave Mustaine, mantan gitaris Metallica di awal karir dan merivalitaskan keduanya sampai sekarang) , mereka tetap bertahan. Dan generasi yang lebih muda dan mengutamakan musik metal sekarang pun pasti terliterasikan oleh musik Metallica.

See this movie even if you aren't a Metallica Fan. If you are a Metallica fan, you probably have seen it already.

( Sayangnya dvd bajakannya versi yang lebih murah belum tersedia, saat ini masih kategori aseli, 25 ribu sajah ..)

1 comment:

friendster said...

Kira-kira DVD nya dijual dimana ya
kalau di Makassar ada nggak